Kamis, 04 Agustus 2011

Ketua Lembaga Sisingamangarja XII Siantar BMT Pardede Meninggal

Paripurna sudah hidup BMT Pardede. Kamis 5 Agustus lalu, dia menghadap Bapa di Sorga dalam usia 67 tahun. Buttu Maruli Tua Pardede sudah pergi. Pergi ke tempat Yang Maha Tinggi. Dimana dendam, iri , dengki dan sakit hati tak ada lagi

Siapa BMT Pardede

Bagi warga Kota Pematangsiantar, nama BMT Pardede tidak asing lagi. Almarhum merupakan seorang tokoh adat, budayawan, pengusaha tenar, sosiawan dan pemuka masyarakat. Juga, kelahiran Pematangsiantar 1944 ini dikenal sebagai politisi tangkas tahan uji dan tahan puji meski pun tidak pernah menjadi anggota DPRD. Nyaris seluruh hidupnya diabdikannya untuk tanah kelahirannya Pematangsiantar.

Sejak muda, pria yang memperistri Nuria Boru Siahaan ini sudah dikenal orang Siantar sebagai seorang pekerja keras, ulet, rajin, jujur dan setia. Motto hidupnya : Waktu, kesempatan, kerja keras ditambah berbuat baik kepada sesama tidak saja ditularkan kepada putra-putri dan anak menantunya, tapi juga kepada orang lain. Tak heran almarhum memiliki banyak teman dan sahabat di kota ini. Mulai rakyat jelata hingga petinggi – petinggi pemerintahan.

BMT Pardede yang juga dikenal sebagai Si MPD Jaya ini memiliki seorang putra, Antoni Pardede SE yang menikah dengan MB Boru Pangaribuan almarhum yang juga mengikuti jejak ayahandanya sebagai pengusaha. Putri tertuanya Ir Rosmaida Pardede yang menikah dengan Piliaman Simarmata SH bekerja di Pemko Pematangsiantar. Sementara putri bungsunya Dra Hertati Pardede menikah dengan Junaedi Tarigan ST yang bekerja di PT Telkom Devisi Flexi Regional I Medan.

“Almarhum meninggal dengan tenang di RS Harapan Pematangsiantar, dan akan dikebumikan di Pemakaman Keluarga Taman Rekreasi Binaling di Lumban Silulu Senin mendatang”, kata salah seorang anak menantunya Piliaman Simarmata SH.

Sejuk dan Teduh

BMT Pardede memang merupakan sosok seorang tokoh dan pemuka yang pantas untuk diteladani. Sebagai politisi, almarhum yang cukup lama berkiprah di Partai Golkar ini dikenal sangat santun dalam berpolitik. Dia cukup disegani ditengah politisi lainnya di Kota Pematangsiaantar. Sahabat dekat almarhum DR GM Panggabean ini, sampai akhir hidupnya merupakan Ketua Lembaga Sisingamangaraja XII Kota Pematangsiantar. Hubungan pribadinya dengan almarhum Ketua Umum Lembaga Sisingamanagaraja XII almarhum DR GM Panggabean sangat dekat dan mesra. Setiap datang ke Pematangsiantar, keduanya sering bertemu untuk memperbincangkan banyak hal terutama menyangkut adat dan budaya. Juga, tentang politik, ekonomi dan pemberdayaan masyarakat.

Banyak pihak yang dekat dan mesra dengan almarhum. Ini terutama karena kesejukan dan keteduhan sosoknya yang juga tenang dan kalem. Sejak muda, almarhum merupakan pekerja keras dengan membuka usaha penjualan ikan. Para pedagang di Pasar Horas dan Pasar Dwikora di Parluasan sangat mengenalnya. Dari pedagang ikan almarhum kelak mengembangkan usahanya di bidang kontraktor. Di bawah bendera CV MPD Jaya dia gemilang dan cemerlang mengibarkannya hingga perusahaan jasa kontraktor ini sangat terkenal di seantero Siaantar – Simalungun.

Almarhum juga merupakan Ketua Koperasi Pengangkutan Umum Beringin, yang armadanya begitu banyak di Kota Pematangsiantar. Karena itu, dari PT Capella Medan, dia pernah diberi kesempatan untuk berkunjung keliling Eropah juga hingga keliling Negeri Cina. Sebagai pengusaha, dia juga pernah berkunjung ke Bengkulu, Bali, Surabaya, Yokyakarta dan berbagai kota lainnya di tanah air untuk melakukan studi banding dan pengamatan. Selain, ragam seminar, lokakarya, simposium dan pertemuan-pertemuan ilmiah pernah diikutinya. Dia memang pembelajar dan sangat mengandrungi pendidikan. Karena itu, ketiga putra-putrinya disekolahkannya hingga ke jenjang perguruan tinggi. Pendidikan mutlak dibutuhkan, dan hanya lewat pendidikan dunia ini bisa ditaklukkan, katanya suatu masa.

Almarhum BMT Pardede juga merupakan aktivitis KTNA (Kelompok Tani Nasional Andalan) Karena itu, sejak masih bernama Pertasi Kencana hingga belakangan berubah menjadi PENAS (Pekan Nasional) dia selalu aktif mengikutinya. Almarhum juga aktif sebagai pengurus di KADIN, GAPENSI, selain menjadi Ketua Bidang Etnis Batak Toba pada FORKALA (Forum Komunikasi Lembaga Adat) Kota Pematangsiaantar. Juga, pada periode 1999 – 2004 almarhum merupakan salah seorang anggota Panitia Pengawas Pemilu Kota Pematangsiantar.

Di lembaga keagamaan, almarhum lama sekali dipercaya sebagai Ketua Dewan Pembangunan HKBP Sintanauli. Juga Ketua Pembangunan Gedung Serbaguna Nauli, milik HKBP Sintanauli. Dewan Koor Ama, Dewan Koor Zetun di HKBP Sintanauli, sekaligus sebagai pemuka jemaat HKBP Sintanauli. Sementara, di kepengurusan Sonak Malela dan Pardede, almarhum terus menerus mencurahkan perhatiannya.

Dengan aktivitasnya yang cukup terbilang, almarhum menerima berbagai Piagam Penghargaan yang cukup banyak dari berbagai pihak. Ada dari Kementerian Pertanian, Kementerian Koperasi dan UKM, juga dari Pemerintah Daerah Kota Pematangsiaantar serta Simalungun. Karena itu, tak heran jika ketika Kamis sore beliau meninggal, langsung malamnya sudah sampai bunga papan ucapan turut berduka cita dari Walikota Pematangsiantar Hulman Sitorus dan Bupati Simalungun JR Saragih selain dari beberapa tokoh lainnya

Bagi warga Lumban Silulu Kelurahan Nagahuta Timur Kecamatan Siantar Marimbun, nama BMT Pardede akan dikenang sebagai pelopor keterisoliran. Almarhumlah memang yang mengupayakan pembukaan ruas Jalan Lapangan Bola Atas hingga menembus Jalan Kabanjahe, dengan menyerahkan sebahagian tanah miliknya untuk pembukaan jalan. Sekarang, seluruh warga sudah bisa menempuh jalan itu yang dikenal dengan nama Jalan Cornel Simanjuntak.

Penasehat Panitia Jubeleum 150 Tahun HKBP Distrik V Sumatera Timur ini sudah pergi. Pergi ke tempat Yang Maha Tinggi, dimana dendam, iri, dan sakit hati tak ada lagi. Kita berduka. Semua berduka. Selamat jalan Amang BMT Pardede (Ramlo R Hutabarat)



____________________________________________________________________
Pematangsiantar, 6 Agustus 2001

Ramlo R Hutabarat
____________________________________________________________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar